Dari Dokter

Seputar Gangguan Tidur Yang Perlu Kita Sadari

Orang sehat tidurnya berkualitas, jatuh tidurnya cepat, dan tidurnya lelap. Tak ada gangguan tidur sampai pagi menjelang. Tanda bahwa tidur lelap itu tidur yang disertai dengan mimpi. Orang yang tidurnya suka mimpi, berarti menempuh tidur yang melewati fase REM (rapid eye movement). Perhatikan kalau anak tidur kelihatan kelopak matanya seperti berkedut-kedut, pada saat itu tidurnya sedang dalam atau memasuki fase REM.

Sepanjang tidur malam normal biasanya kita menempuh 4-5 kali fase REM. Pada fase inilah mimpi berlangsung. Di luar fase REM tidur mengalami fase Non-REM. Yang tidak pernah bermimpi, berarti tidurnya tanpa memasuki fase REM. Tidur tanpa fase REM mudah tergugah. Kita terbangun saat mendengar ada suara (maling atau mengetuk pintu) kemungkinan tidurnya sedang fase Non-REM, sedang kalau tidak mudah tergugah oleh suara apa pun, saat tidur REM.

Tidur bermasalah kalau jiwa gundah. Orang yang sedang banyak masalah selain susah jatuh tidur, tidurnya sering terjaga. Kekurangan tidur bikin badan tidak bugar. Kekurangan tidur bisa fase Non-REM bisa kekurangan fase REM. Muncul gangguan selera makan, lesu, uring-uringan, dan libido terganggu kalau kurang tidur. Obatnya dengan mengatasi masalahnya. Namun sering orang yang jiwanya gundah, tidak sadar, atau menyangkal kalau sedang punya masalah. Maka perlu obat penenang (transquilizer).

Orang juga bisa susah tidur kalau badannya terlalu letih, selain letih jiwa juga. Kalau banyak pekerjaan dan tugas, lama berkonsentrasi bikin badan dan jiwa jadi letih. Maka jangan bawa pekerjaan ke kamar tidur. Kasus begini memerlukan obat tidur (hypnoticum).

Barang tentu obat penenang maupun obat tidur tidak baik dikonsumsi terus menerus karena ada yang bikin efek kebergantungan. Diri sendiri harus mengatasi masalah yang tengah mendera, sambil berangsur-angsur obat dikurangi, lalu stop sama sekali.

Obat tidur pun berbeda-beda. Ada yang untuk memudahkan jatuh tidur (sleep induced), ada yang buat tidur menjadi lelap. Obat penenang biasanya gabungan beberapa jenis obat golongan antikecemasan, antidepresi, anti ketegangan.

Gangguan Tidur - lone bed bedroom blur
Seputar Gangguan Tidur – Sehat Itu Murah – Photo by Pixabay on Pexels.com

Setiap orang punya pola tidur tersendiri, yang ia ciptakan sejak muda. Ada yang jadi kalong, waktu malam terjaga, waktu pagi tertidur. Bisa diubah dengan membentuk pola tidur baru. Orang yang kerjanya bergilir (shift) biasanya terbiasa dengan pola tidur yang berubah, dan sering terganggu.

Untuk tahu bahwa seorang lelaki tidurnya lelap berkualitas, biasanya maaf sewaktu bangun masih ereksi, kecuali kalau mengidap diabetes lama tak terkontrol dan sudah komplikasi impotensia. Sekaligus bukti kalau seorang lelaki impotensia sebab faktor kejiwaan, masih bisa ereksi waktu bangun tidur.

Untuk mengetahui pola tidur kita normal atau bermasalah bisa dilakukan rekam tidur (polysomnography). Dari situ dokter bisa menetapkan jenis gangguan tidurnya. Termasuk kalau tidurnya diselingi oleh mendengkur keras dan henti napas sejenak (apnoe). Gejala apnoe perlu mendapat perhatian karena bisa awal dan ujung dari serangan jantung.

Soal mimpi, tanyakan pada kekasih Anda, apakah semalam ada mimpi indah berwarna-warni? Kalau jawabannya iya, mungkin dia sedang berbohong, karena mimpi tidak pernah full color (Maaf yang ini bercanda).

Salam sehat.

Dr HANDRAWAN NADESUL

Dr. Handrawan Nadesul

Adalah seorang dokter, penyair, dan penulis di Indonesia. Gemar menulis artikel, opini kesehatan, dan menjadi narasumber untuk media banyuasin bagi masalah-masalah kesehatan dan juga menulis puisi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button