Dari DokterKabar Sehat

Program Tubuh Manusia Dapat Hidup Sampai 120 Tahun

Studi ihwal tubuh manusia menyebutkan, bahwa program tubuh manusia mampu hidup sampai 120 tahun. Lalu kita bertanya, kenapa umur orang sekarang tidak sepanjang itu? Jawabannya lantaran kita keliru memperlakukan tubuh. Keliru gaya hidup yang kita pilih, tak tepat memilih menu meja makan rumah, dan faktor stressor hidup yang terus membanjir, selain kurang bergerak (sedentary lifestyle).

Kalau saja tepat memilih gaya hidup, tepat memperlakukan tubuh (mau mendengar suara tubuh); tepat memilih menu harian, dan rajin beraktivitas fisik (tak harus memilih berolahraga), dan bijak menyikapi hidup dan kehidupan, mestinya bisa meraih nasib yang sama dengan orang Okinawa, penduduk pulau kecil di Jepang yang umur rata-ratanya seratusan tahun (centenarean).

Namun sayang kita sudah tercemar oleh polusi lingkungan, polusi kultur, dan polusi global yang tidak karib dengan kodrat tubuh kita. Pola makan, selain makanan minuman yang kita pilih tidak akrab dengan tubuh kita. Cara bekerja, sikap bergaul, dan menyikapi kehidupan juga tidak berdamai dengan kodrat tubuh, selain mengabaikan faktor stressor. Hidup menjadi tidak seimbang dan kurang harmoni.

Itu sebab mengapa kematian eksekutif akibat stroke dan atau serangan jantung justru terjadi pada usia yang kian lebih muda. Kalau saja kesemua itu bisa kita koreksi, angka mati prematur (premature death) bisa ditekan. Kewajiban terbesar kita juga perlu merawat tubuh, tidak membiarkannya diperlakukan secara keliru.

Perlu makan sehari 3 kali, tidur cukup 7 jam, selain tekun bekerja (action) perlu juga mengendurkan jiwa (recreation); membangun hidup yang guyub karena kita sejak lahir sampai meninggal dunia nanti tetap memerlukan orang lain. Maka perlu memikirkan juga orang lain.

Dan satu keniscayaan dunia lainnya, bahwa yang nomor satu yang perlu kita raih seperti jauh bintang di langit ialah bagaimana menjadi sehat. Sekali lagi, mohon maaf, bukan harta, bukan uang, bukan kekayaan, serta bukan pula kekuasaan yang bikin hidup kita berbahagia sejahtera senatausa, melainkan kesehatan. Ungkapan ini yang selalu mengawali pembuka seminar kesehatan saya, hendak mengelingkan semua audiens, dan diri saya juga.

SEHAT ITU MURAH waktu akan membuktikan bahwa dengan cara yang mudah murah dan sederhana nyaris semua penyakit bisa kita gagalkan kemunculannya.

Salam sehat,

Dr HANDRAWAN NADESUL

Dr. Handrawan Nadesul

Adalah seorang dokter, penyair, dan penulis di Indonesia. Gemar menulis artikel, opini kesehatan, dan menjadi narasumber untuk media banyuasin bagi masalah-masalah kesehatan dan juga menulis puisi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lihat Juga
Close
Back to top button