Dari DokterKesehatan

Merawat Ginjal Kita Sedari Dini

Salah satu hal terpenting yang harus kita lakukan pada tubuh kita adalah merawat ginjal. Seperti cinta, ginjal juga minta kita merawatnya. Tugas berat ginjal lebih dari satu. Tanpa kecintaan pemilik merawatnya, ginjal bisa sengsara. Selain terganggu tugas menyaring darah: mengambil yang diperlukan, dan membuang yang tidak diperlukan sebagai urine, ada tugas tambahan juga. Ia juga menjaga tekanan darah agar senantiasa dalam batas normal.

Ginjal mengeluarkan hormon kalau tekanan darah merendah. Ginjal juga ikut membantu memproduksi sel darah. Gangguan pada dua keadaan ini berakibat tekanan darah kita jadi tidak stabil, dan kadar Hb (haemogloblin) juga turun. Hipertensi selain bisa anemia juga.

Ginjal terganggu di kita paling sering sebab infeksi. Perempuan lebih rentan terinfeksi saluran kemih, sebab dua hal. Pertama saluran kemih bagian bawah (Baca: kemaluan) perempuan lebih pendek dari lelaki, maka lebih rentan terinfeksi bila sekitar kemaluan kurang bersih. Kebiasaan cebok dengan air (yang tidak selalu steril) salah satu penyebabnya, maka dianjurkan cebok memakai tisu khusus.

Hal kedua, tidak tertib memakai pembalut wanita sebagai penyebab lain. Kalau terlambat mengganti pembalut pada hari pertama haid, darah kotor menjadi media subur bagi kuman. Ini awal risiko saluran kemih terinfeksi. Gejalanya anyang-anyangan, nyeri perih pedih kalau berkemih. Mungkin disertai warna darah di urine.

Merawat Ginjal - Sehat Itu Murah - grayscale photography of four white ceramic urinal sinks
Merawat Ginjal Kita – Sehat Itu Murah – Photo by Help Stay

Infeksi saluran kemih bagian bawah sering kambuh kalau tidak diterapi tuntas. Lama-kelamaan menjadi menahun (chronic urethritis) lalu naik menjalar menjadi infeksi kandung kemih cystitis, dan kalau terus dibiarkan berkembang akhirnya infeksi naik sampai ke ginjal (pyelonephritis).

Apa pun infeksi di ginjal akan mengganggu fungsinya. Infeksi ginjal juga bisa langsung terbentuk bila ada batu ginjal. Batu menggesek saluran ginjal, lalu terjadi infeksi. Batu urat (uric acid) paling sering melukai saluran di dalam ginjal.

Kencing berdarah disertai nyeri pinggang, kemungkinan batu urat penyebabnya. Batu lain hanya menimbulkan keluhan nyeri pinggang, demam, dan sering kencing, selain kencing mungkin berwarna merah menyerupai air basuhan daging.

Selain batu, tumor ginjal berakibat sama. Biasanya kista (cyst) kalau bukan kanker ginjal.

Gangguan ginjal sering terabaikan oleh karena selama baru sebagian kecil saja dari ginjal yang terganggu, keluhan belum nyata. Hanya apabila di awal gangguan dilakukan pemeriksaan darah untuk melihat fungsi ginjal akan kedapatan fungsi ginjal yang mulai menurun. Tanpa itu orang merasa sehat saja. Paling mendadak tensi darah naik, dan atau frekuensi kencing jadi lebih sering.

Ujung dari semua gangguan ginjal berakhir dengan payah ginjal atau gagal ginjal (renal failure). Semua fungsi ginjal sudah menurun terlihat dari hasil pemeriksaan darah (ureum dan creatinin naik di atas normal). Pada nilai kenaikan creatinin yang melampuai ambang tinggi, fungsi ginjal harus digantikan dengan cuci darah (hemodialyisis). Tanpa itu tubuh akan keracunan oleh sampah darah, dan berujung kematian.

Merawat ginjal selain mencegah risiko terinfeksi dari bawah atau langsung oleh batu, dengan membiasakan minum memadai, tidak menahan kencing, bebaskan usus dari kuman (infeksi ginjal bisa dari pencernaan juga), selain kemungkinan sebaran infeksi TBC dari paru-paru. Lain dari itu asam urat tidak dibiarkan tinggi (di atas 7,0), hipertensi dan kencing manis tidak dibiarkan berkomplikasi pada ginjal.

Jangan lupa infeksi kemih bawah perempuan juga sering terjadi kalau salah arah cebok. Bukan dari belakang ke depan melainkan dari depan ke belakang (lihat gambar), karena bila dari belakang ke depan, bibit penyakit dari liang dubur terbawa ke saluran kemih.

Infeksi kemih bukan jarang terjadi pula sehabis hubungan intim karena kurang bersih. Biasakan langsung berkemih setiap habis berhubungan intim supaya bila ada bibit penyakit di muara saluran kencing akan hanyut oleh urine dengan berkemih. Mengartikan langsung berkemih setiap kali habis berhubungan intim, tentu pergi ke kamar kecil,. dan bukannya langsung kencing di atas tempat tidur (Maaf bergurau). Salam sehat, sehat itu murah.

Dr. Handrawan Nadesul

Adalah seorang dokter, penyair, dan penulis di Indonesia. Gemar menulis artikel, opini kesehatan, dan menjadi narasumber untuk media banyuasin bagi masalah-masalah kesehatan dan juga menulis puisi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button