KesehatanPenyakit

Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Serangan Jantung

Beberapa kebiasaan sehari-hari dapat menyebabkan risiko serangan jantung yang perlu Anda waspadai.

Sering makan makanan di luar

Makan di luar sesekali tidak akan banyak membantu kesehatan Anda, tetapi makan di luar setiap hari dapat berdampak negatif pada jantung Anda.

Saat keluar untuk makan, Anda harus memperhatikan makanan bergizi, katakan tidak pada sandwich dan koktail, beralih ke hidangan yang lebih sehat, pilih porsi yang lebih kecil dan hindari makanan yang tidak sehat.

Menghindari olahraga

Orang yang berolahraga secara teratur akan memiliki kesehatan kardiovaskular yang lebih baik, termasuk menurunkan tekanan darah. Ketidakaktifan berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol darah dan dapat menyebabkan obesitas.

Oleh karena itu, Anda perlu berolahraga setidaknya 150 menit setiap minggu untuk membantu mengelola kolesterol dan tekanan darah. Ini adalah dua kunci untuk membantu mencegah serangan jantung.

Serangan Jantung - melancholic woman watching video on laptop at home
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Terlalu banyak minum alkohol

Minum terlalu banyak alkohol dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung Anda. Ini dapat meningkatkan tekanan darah dan juga menyebabkan kadar trigliserida yang tinggi, jenis lemak paling umum di tubuh Anda.

Dengan demikian, kalori dalam alkohol meningkat, yang pada gilirannya mengubahnya menjadi trigliserida, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Penyakit Jantung Koroner: Sumbatan Koroner

Terus-menerus stres

Hampir setiap orang mengalami stres, namun, menghindarinya adalah demi kebaikan hati Anda.

Stres dapat meningkatkan tekanan darah, dan kondisi ini merupakan salah satu faktor utama penyebab serangan jantung. Jadi menemukan cara untuk mengatasi stres dapat mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung.

Merokok

Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar penyakit jantung. Setiap kali Anda merokok, Anda memasukkan lebih dari 5.000 bahan kimia ke dalam tubuh Anda – banyak di antaranya berbahaya bagi kesehatan Anda.

Salah satu bahan kimia ini adalah karbon monoksida, yang mengurangi jumlah oksigen dalam sel darah merah Anda, yang merusak jantung Anda.

Dr. Handrawan Nadesul

Adalah seorang dokter, penyair, dan penulis di Indonesia. Gemar menulis artikel, opini kesehatan, dan menjadi narasumber untuk media banyuasin bagi masalah-masalah kesehatan dan juga menulis puisi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button